arti dasar travelling

oke kali ini sambil nunggu nongkrong, gue mau sedikit share hasil dari ketemu orang-orang hebat saat ikut Jakarta Historical Race…
sebelum gue cerita wejangan dari seorang yang gue anggep ajaib ini, gue gak pernah yang namanya berfikir tentang travelling secara lebih mendasar.. karena (sebagian besar) orang akan berpikiran bahwa travelling adalah kegiatan jalan-jalan menikmati sebuah destinasi yang sebelumnya sudah kita rencanakan ataupun belum sama sekali…
travelling memang gue anggap sebagai hiburan dalam menjalani rutinitas hidup yang membosankan.. iya sih asik kerjaan lo, iya sih banyak temen yang bisa bikin ketawa disetiap hari-hari lo.. tapi akan ada rasa jenuh bila setiap hari, setiap saat kita melakukan yang mengasikan tadi.. iya nggak? enggak? bunuh aja deh gue -___-“
bodo amat sama pendapat lo yang diatas.. hahaha
yang jelas, gue baru sadar satu hal, sebut saja “mawmaw”, adalah orang ajaib yang mau gue ceritain..
mawmaw ini adalah orang yang menurut gue hidupnya lempeng… lempeng bukan berarti sekolah dapet nilah bagus, kuliah lancar, kerjaan mapan, trus dapet istri cantik dan setia… bukan, bukan itu maksud lempeng…
maksudnya lempeng disini adalah, dia hidup dengan serba kecukupan, masa bodoh dengan prestasi di sekolah ataupun dikerjaan, tapi yang jelas, karena hidup dengan serba kecukupan ini, dia seolah-olah bisa melakukan apa yang dia mau.. jujur, dan gue gak munafik, gue iri.. hahahaha

salah, bukan itu inti dari yang akan gue bahas disini..
mawmaw ini punya pengetahuan yang luas, walaupun dia tidak meneruskan ke bangku kuliah.. tapi entah kenapa, gue merasa mawmaw ini punya daya tarik tersendiri…

suatu ketika, saat acara Jakarta Historical Race, gue dan mawmaw sedang ngobrol santai sama orang-orang ajaib lainnya.. dan secara tidak sengaja tiba-tiba mawmaw bersabda:

“setiap hari kita ini travelling broooo”
dari kata-kata itu, hati gue langsung bergetar, kemudian mengeluarkan hape untuk nyatet tuh kata-kata ajaib.. memang terkesan sederhana, tapi gue melihat kata-kata tadi sangat berkesan, mendalam, dan gue sadar akan satu hal…

“bahwa apa yang kita banggakan, apa yang kita sombongkan kepada orang lain tentang pengalaman perjalanan kita, sesungguhnya bukan apa-apa dibanding orang yang setiap hari melakukan kerja di kantor dan mengambil satu pelajaran dalam satu hari tadi”

jujur, gak cuma satu poin penting yang gue tangkep dari kata-kata sederhananya mawmaw tadi, tapi bila ditelusuri lebih mendalam, kata-kata tadi bisa berefek magis… magis disini adalah

“travelling bukan sekedar perjalanan ke suatu destinasi, melainkan bagaimana kita belajar dari setiap perjalanan yang kita lakukan”
jadi, banyak orang yang gue temui di hidup gue.. banyak juga yang hidupnya untuk travelling… tapi pada akhirnya kesombongan menyelimuti dirinya.. menganggap bahwa dirinya adalah orang yang mempunyai banyak pengalaman, mempunyai sejuta kenangan indah dengan tempat-tempat yang menakjubkan…
itu semua nothing, bila arti dasar dari travelling sendiri lo gak tau!!
you’re nothing brooooo..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *