ngok.. belakangan ini pecinta jalan-jalan susah banget yang namanya menikmati liburan dengan tenang.. kenapa?
yah, karena banyak transportasi darat yang jadi andalan para pejalan yang mengandalkan biaya murah, menjadi kesulitan mendapatkan tiket.. hal itu bukan karena semakin banyaknya orang yang mencoba mengakses transportasi murah tersebut, melainkan semakin maraknya calo yang tersebar di seluruh stasiun dan terminal..
oke, untuk transportasi murah di indonesia, masyarakat masih mengandalkan kereta, selain harga tiket yang relatif murah, tentu saja karena saat ini kereta semakin mengedepankan kualitas melalui jam kedatangan dan jam berangkat yang tepat waktu, sehingga orang akan lebih mengandalkan kereta untuk dapat menikmati perjalanan tanpa dikejar oleh waktu..
permasalahannya bukan di bagaimana pemerintah memberi rasa nyaman di dalam kereta, karena itu saja tidak cukup bila tidak didukung dengan layanan yang lain yang lebih baik… 
nah, tentu saja semua orang sudah tau dimana letak yang harus diselesaikan oleh pemerintah tentang pembelian tiket yang tidak masuk akal… oke, pada awalnya masyarakat dimudahkan dalam membeli tiket kereta ekonomi sejak seminggu sebelum pemberangkatan, tetapi justru itu yang membuat para calo merasa ini lahan untuk mereka..
dalam tulisan ini, gue bukan mau menjatuhkan calo, karena gue anggap, itu adalah pekerjaan untuk mereka.. karena sebagian besar dari mereka tentu saja juga tidak banyak yang hidupnya berkecukupan, hal itu bukan salah para calo, melainkan sistem dari pemerintah yang tidak bisa menyediakan lahan pekerjaan bagi mereka, sehingga beberapa dari mereka terpaksa menjadi calo karena hanya itu pekerjaan yang bisa dilakukan, walaupun tidak sedikit pula yang menjadi calo karena memang itulah jalan hidupnya.. hal ini sebenernya sama dengan para pekerja seks, dimana sebagian menjadi korban dari pemerintah yang tidak bisa memberi lahan pekernaan bagi mereka, tetapi juga tentu saja ada beberapa yang memang menjadi pekerja seks adalah jalan hidupnya..
kita tidak bisa menyalahkan setiap pekerjaan yang ada, apapun pekerjaan itu
dari tulisan gue ini, gue mau ngasih sedikit tips buat elo elo elo yang suka jalan tapi susah dapet tiket kereta ekonomi.. tapi besok aja, karena billing warnetnya udah mau abis, segini dulu ceritanya.. besok kita lanjut lagi..
gue harap, dari tulisan ini kalian udah gak menyalahkan para calo lagi, karena menurut gue (lagi), mereka merupakan korban dari sistem yang bobrok di negri ini.. 
mari kita memperbaiki sistem ini mulai dari “pemikiran” kita masing-masing 🙂