Travelling 2013

Ini post pertama gue tahun ini, dan ini bulan kedua, empat hari setelah valentine haha gak penting :p intinya inkonsistensi mulai menyerang gue buat nulis blog lagi.. entah kehabisan ide atau emang lagi males nulis2 lagi.. au ah.. yang jelas kalo tulisan gue di blog ini mulai berubah geje, salahkan cewek gue yang alay hahaha
Lalu masih soal travelling, dimana seminggu lalu gue jalan2 lagi ke jakarta, ada beberapa tujuan gue kesana, tp gak perlu gue tulis lah ke jakarta gue ngapain, karena yang pengen gue tulis bukan FR selama di jakarta, tapi apa yang gue dapet selama jalan.. dan akhirnya gue nemu 2 poin penting..
Pertama: pernah sekitar 3 bulan lalu traveller kaskus dapet undangan semacam diskusi oleh greenpeace dengan tema “how to be a green traveller” , disitu dijelasin gimana caranya jadi seorang pejalan yang ramah lingkungan, tau isinya apa? Ah gak perlu gue kasih tau, tp ada satu hal yg enggak gue dapet dari diskusi itu tapi justru gue dapet dari hasil jalan2 kemarin ke jakarta..

Well gue ke jakarta naik kereta ekonomi, kereta yang sampai beberapa bulan lalu masih dibolehin merokok di dalem kereta, tp kemarin disetiap sudut ada stiker “dilarang merokok”.. walaupun masih banyak yg ngrokok, tp setidaknya semakin sedikit yg ngrokok di dalem gerbong, masih ada yg ngrokok di sambungan kereta sih, tp gue jamin mereka ngrokok juga ngumpet2 dari petugas kereta :p
Sbenernya cuma sederhana, tapi kalo lo bener2 pengen jadi green traveller mulailah dengan berhenti merokok di dalem kereta.. karena dengan mengecilkan isi materi di diskusi greenpeace itu kemudian lo gak mengindahkan dilarang merokok di dalem kereta berarti lo cuma omong kosong, lo juga gak penting..
Yang kedua: adalah sebuah pemikiran tentang sesuatu yang lagi2 idealnya dalam dunia travelling..
Seiring berjalannya waktu, semakin besarnya minat travelling, semakin banyak pula tulisan atau liputan tentang suatu destinasi dengan berbagai macam sudut pandang, dengan berbagai macam keahlian fotografi, dan dengan keahlian menulis yang baik.. tapi apa yang kita dapat? Sebagian besar artikel, foto, dan laporan perjalanan sering memunculkan sesuatu dalam sisi keindahan, serunya perjalanan mereka dan bagaimana ahlinya mereka membuat foto yang bagus dengan kamera mahal mereka..
Lalu beberapa hari yang lalu gue sedikit heran ketika ada temen yg bilang kalo indonesia itu gak ada bagus2nya, mending jalan2 keluar negri jelas bagusnya.. dan dengan sedikit gak terima gue bilang kalo banyak kok yang bagus, kamu nya aja yang gak tau.. eh masih dijawab juga sama si doi, gak ada bagusnya, cuma di tv, di internet aja yang bagus, begitu sampe sana cuma begitu2 doang..
Ya gak salah dan gak bener juga sih, satu sisi memang 80% salah karena banyak tempat wisata yang menurut gue itu emang indah meskipun keindahan itu sifatnya relatif tergantung dari sudut mana dia memandang.. satu sisi yang lain terjadi “perang eksistensi” antara traveller satu dengan yang lain, dimana setiap traveller mencoba memberi kesan menarik bagi pembacanya ketika melakukan travelling, hal itu dikarenakan traveller gak ingin pembacanya menilai perjalanannya gak asik atau gak seru karena tempat wisata yang dituju tidak sebagus yang diharapkan..
Hal yang semacam itu terus ada seiring dengan berkembangnya dunia travelling beberapa tahun ini.
Berkembangnya dunia travelling juga dimanfaatkan oleh pihak2 yang menjual jasa paket wisata dengan iming2 perjalanan yang begitu mengasyikkan..
Tak cukup sampai disitu, berkembangnya dunia travelling dan semakin besarnya minat untuk travelling membuat beberapa pihak mengeksploitasi tempat wisata tersebut tanpa melihat kenyataan dilapangan bahwa yang ada di lapangan tidak seperti yang diharapkan alias keuntungan semata yang dicari.. begitu semua itu terjadi muncullah traveller2 yang dengan ekspetasi tinggi dari hasil membaca laporan perjalanan traveller lain menjadi kecewa begitu yang didapatkan dilapangan tidak seperti yang diharapkan.. ujung2nya banyak traveller yang kemudian beralih ke luar negri dengan pemandangan yang lebih menjanjikan..
Au ah gelap..

One thought on “Travelling 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *