JAKARTA – Gempa dengan kekuatan di atas 8 Skala Richter masih akan mengguncang wilayah Sumatera dalam waktu ke depan. Bahkan kekuatan gempa bisa jadi menyamai peristiwa Aceh seperti pada 2004 lalu.

Ahli Geologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Danny Hilman Natawidjaja mengatakan bahwa tekanan lempeng masih terus terjadi di patahan pesisir Sumatera dalam beberapa tahun ini. Gempa Sumbar Rabu lalu bukanlah yang satu yang terbesar.

“Apa yang penting sekarang adalah bahwa gempa bukan yang terbesar yang akan terjadi. Gempa besar itu bisa di atas 8 SR. Sebuah skala yang dapat menyebabkan tsumani,” papar Danny seperti dikutip Reuters, Sabtu (3/10/2009).

Peneliti yang sudah menghabiskan waktu 12 tahun bersama rekannya Kerry Sieh dari Nanyang Technology University untuk mempelajari alam Mentawai dan Padang ini memprediksi, gempa dahsyat itu bisa jadi berkekuatan 8,8 SR. Menurutnya gempa itu bisa jadi 30 kali lebih dahsyat dari gempa Rabu kemarin.

Secara ilmu pengetahuan, lanjutnya, ia bisa mengatakan gempa itu mungkin akan terjadi besok, bulan depan, atau tahun depan. Namun sepertinya akan terjadi di bawah 10 tahun lagi.

“Secara pribadi, saya khawatir ini dapat terjadi dalam beberapa bulan atau tahun. Namun sebagai ilmuwan, kita selalu dikejutkan dengan gejala alam. Sulit untuk diprediksikan,” jelasnya.

Sumber : www.okezone.com